Warna-warni di Teachers College UPH*

Print

Sumber: HeSheep

Senin, 15 November 2010

[KARAWACI] Mahasiswa Teachers College Universitas Pelita Harapan (TC-UPH) Karawaci kembali memeriahkan bulan bahasa tahun 2010 dengan mengadakan aneka perlombaan. Tahun ini merupakan tahun kedua TC menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan perlombaan ini dimulai sejak Senin 8 November 2010 dan berakhir pada hari Kamis 18 November 2010 yang sekaligus merupakan puncak acara bulan bahasa 2010.

Tema bulan bahasa tahun 2010 ini adalah warna-warni Indonesia. Menurut Intan A. Sarasawati, ketua panitia bulan bahasa 2010, warna-warni tersebut menyatakan dua hal yakni talenta dan kebudayaan. Para mahasiswa TC merupakan orang-orang yang kreatif. Mereka mempunyai talenta di berbagai bidang, seperti menyanyi, menari, menggambar, merancang busana, membaca puisi, membuat pantun dan menulis. Sedangkan untuk kebudayaan, warna-warni mencerminkan mahasiswa TC berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang beragam budayanya.
“Ya, mahasiswa TC itu, dari Sabang sampai Merauke, semuanya ada. Mereka itu kreatif sekali di bidang masing-masing. Makanya di event kali ini, kita menyatukan semua warna warni yang ada, mulai dari perlombaan hingga acara puncak hari Kamis mendatang,” katanya.

Peserta lomba adalah para mahasiswa TC yang terdiri dari kelas Pendidikan Dasar Indonesia (ID1), Pendidikan Dasar Inggris (EDI), Matematika Indonesia (IMM1), Matematika Inggris (EMM1), Biologi Indonesia (IMB1), Biologi Inggris (EMB1), Sosial Indonesia (IMS1), serta Sosial Inggris (EMS1). Tiap kelas pada tiap angkatan diharapkan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba-lomba tersebut.

Kegiatan perlombaan ini diadakan di area TC, waktunya di atas pukul 16.00 WIB sampai selesai sehingga tidak mengganggu jalannya perkuliahan. Adapun lomba-lomba tersebut meliputi sayembara gambar, debat, lip sync lagu daerah, berbalas pantun, musikalisai puisi, vokal grup lagu daerah, costplay “merah putih” dan jurnalistik. Selain lomba-lomba tersebut, ada juga satu lomba yang tidak hanya diikuti mahasiswa TC melainkan terbuka untuk semua mahasiswa UPH, yakni lomba fotografer. Sejauh ini, sudah terdapat beberapa mahasiswa dari fakultas lain yang turut berpartisipasi.

Adapun juri setiap perlombaan, selain para dosen dan staf TC, juga didatangkan dari berbagai fakultas dan departemen di UPH misalnya Fakultas Seni Musik, Faculty of Liberal Art dan Johannes Oentoro Library, bahkan khusus untuk lomba jurnalistik, salah seorang jurinya adalah jurnalis sebuah media massa nasional di Jakarta.

dsc01127

Peserta Costplay

Khusus pada hari Jumat (12/11), lomba yang diadakan adalah costplay. Dalam perlombaan tersebut, terdapat 10 peserta yang tampil gagah dan anggun menampilkan karya mereka. Aspek yang dinilai dalam costplay selain menampilkan minimal lima ornamen daerah, mesti juga dilengkapi dengan unsur merah putih. Keseluruhan kostum yang digunakan haruslah hand made kecuali kaos/kemeja atau rok/celana dan alas kaki, karena faktor itulah yang diharapkan dari lomba costplay. Walaupun hanya dengan buatan tangan, para peserta tersebut dapat menunjukan berbagai ornamen unik dan megah yang mewakili daerah-daerah di Indonesia. Satu peserta bisa memakai kebaya dan lurik dari Jawa, ornamen ondel-ondel dari Jakarta, rumbai-rumbai dan kontaif dari Papua, menyampirkan ulos dari Sumatera Utara, sarung dari Sabu, mengalungkan manik kata dan kandaure dari Toraja, melilitkan pending dari Timor serta ornamen lainnya.

dsc01086

Salah satu peserta yang memakai kain adat dari Amarasi (laki-laki)

Selain menampilkan perpaduan ornamen daerah, para peserta juga harus percaya diri ketika memeragakan busana yang dipakainya, juga menjawab pertanyaan yang diajukan juri dengan jelas dan lancar. Sebelum menjawab pertanyaan, peserta lebih dahulu mengenalkan apa nama ornamen dan berasal dari daerah manakah ornamen tersebut.

Hari Sabtu (13/11), telah dikeluarkan pengumuman hasil penjurian lomba costplay. Di antara 10 peserta tersebut, diambil enam (6) peserta terbaik yang akan tampil di puncak acara bulan bahasa hari Kamis mendatang. Menurut salah satu juri lomba costplay, diharapkan di acara puncak nanti, para nomine tersebut harus tampil lebih baik dari yang sebelumnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tak dinyana, ternyata di balik kesibukan menggeluti kuliah agar nantinya menjadi seorang guru Kristen yang profesional, para mahasiswa TC juga memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang seni dan komunikasi. Hal ini terlihat dari kekreatifan mereka menggarap ide untuk menggambar, musikalisasi puisi, mengolah vokal, mencipta pantun, berdebat, menampilkan gerakan indah, dan yang mengaggumkan, mereka pun dapat merancang busana dan ornamen daerah, memadukannya serta memeragakannya. Inilah talenta yang dipercayakan Tuhan dan mahasiswa TC telah menggunakannya dengan bertanggung jawab.

dsc01129Puncak acara bulan bahasa yang akan diadakan hari Kamis 18 November, menurut Intan, tak akan kalah meriahnya. Acara tersebut akan berlangsung siang hari, yakni pada pukul 11.30 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Intan menambahkan, saat ini para mahasiswa yang terlibat dalam puncak acara tersebut sangat intens dalam mengikuti latihan, di antaranya menari, choir dan teater. Selain itu, para peserta costplay, lip sync dan musikalisasi puisi, yang berhasil sebagai nomine pun akan memeriahkan acara istimewa tersebut dengan menunjukan kebolehan mereka.

Rencananya, pada hari Kamis nanti, akan didirikan juga stan-stan daerah dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, berlokasi di area kampus UPH tepatnya di plaza gedung D. Stan-stan tersebut mengenalkan kekhasan dan keunikan budaya tiap daerah di Indonesia, meliputi pakaian, makanan khas, musik, miniatur objek wisata, dan yang lainnya.

Dalam mempersiapkan puncak acara bulan bahasa 2010, para panitia telah bekerja dengan baik, membagikan selebaran kepada mahasiswa UPH, juga memasang spanduk di area kampus. Para dosen dan staf dari TC pun tidak tinggal diam. Mereka juga memberikan undangan kepada rekan dosen dan staf dari fakultas lain di UPH. Hal ini agar semua warga UPH turut menyaksikan acara bulan bahasa 2010 yang diselenggarakan Teachers College. (AT)

*Juara 1 Lomba Jurnalistik pada kegiatan Bulan Bahasa Teachers College UPH tahun 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s