Kegiatan Seni dan Budaya

Festival dan Konser Musik Budaya NTT

20150613_205905Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lumbung Pemuda Nusantara, sebuah Organisasi Kepemudaan yang bergerak di bidang kebudayaan, pendidikan non formal, dan pengembangan ekonomi kreatif (adadikupang.com). Selain kegiatan utamanya yakni Festival dan Konser Musik Budaya NTT, diadakan juga beberapa kegiatan pendukung antara lain pameran fotografi dan lukisan budaya NTT, aneka tarian daerah NTT, festival tenun ikat, pembacaan puisi dan lainnya yang mengangkat tema tentang NTT.

Saya tak sempat menghadiri kegiatan-kegiatan pendukung tersebut. Saya hanya menunggu dan berencana ikut hadir dalam kegiatan utamanya yakni Konser Ivan Nestorman pada tanggal 13 Juni 2015 malam harinya di GOR Oepoi Kupang.

Ivan Nestorman adalah seorang penyanyi asal NTT yang suara dan lagu-lagunya tak hanya diminati orang-orang NTT dan Indonesia, tapi bahkan dari negara-negara lain. Awal-awal ketika mendengar namanya, saya pikir ia bukan orang NTT. Toh, namanya seperti nama orang-orang bule. Kedengarannya sekilas seperti westernman…:D

Di saat konser, ia memang hanya membawakan lagu-lagu daerah dari NTT seperti Bolelebo, Ofa Langga dari Rote, dan beberapa lagu daerah lainnya. Salah satu yang membuat saya bangga dan senang adalah dari sekian lagu yang dibawakan, ada juga lagu Tebe Ona Na, sebuah lagu daerah Amarasi, kampung halaman saya. 😀

Seusai konser tersebut, kami sempat melihat pameran tenun ikat dari motif Sabu. Dibentang sepanjang 39 meter melintang di sekeliling tembok dalam GOR di samping kiri kanan dan belakang panggung konser bergambar peta Indonesia.

11248872_10204584667310452_7647030879661711893_nSiapa penenunnya tentu tidak mudah menenun kain adat sepanjang 39 meter dengan gambar peta Indonesia. Saya sempat mengambil gambar kawan saya yang adalah seorang guru seni budaya di sekolah. Ia memang terkagum-kagum dengan tenun ikat tersebut. Salut.