KITONG_ Kupang Bagarak_Geng Motor Imut_SM3T

Seusai Pakariang di Pantai Lasiana, dilanjutkan dengan KITONG, akronim dari Kunjungan Inspirasi Timor untuk Berbagi. KITONG juga dalam dialek Kupang, artinya KITA (SEMUA).

poster

Sumber: KITONGNTT

Demikian yang dikutip dari blognya, KITONG digagas untuk mengajak para profesional muda untuk satu hari datang, mengunjungi dan memberikan inspirasi bagi anak-anak sekolah di sekolah-sekolah terpilih di Pulau Timor (Tentang KITONG)

Walaupun tak disebutkan eksplisit siapa penggasnya, tapi ide ini setahu saya dimantapkan dalam sebuah pertemuan di antara beberapa pemuda dengan para pendidik SM3T di markas Geng Motor Imut. Hasilnya beberapa komunitas pun bekerjasama seperti yang disebutkan dalam KITONGNTT untuk daerah Fatuleu Barat, kabupaten Kupang.

Kunjungan ke sana dalam rangka berbagi inspirasi dengan anak-anak yang ada di Fatuleu Barat. Kegiatannnya dijadwalkan Jumat, 31 Juli-Minggu, 2 Agustus 2015. Kegiatan utama sebenarnya adalah pada hari Sabtu, sebab Jumat adalah perjalanan ke tempat tujuan dan Minggu adalah semacam wisata dan perjalanan pulang ke Kupang.

Hari Jumat sore itu jadwal kami di sekolah biasanya ada chapel guru. Sore itu kami meminta izin pulang lebih dahulu demi bisa mempersiapkan diri dan berkumpul di markas Geng Motor Imut yang ada di daerah Oebufu.

Hari itu, dari Lentera saya ingat saya, Rucita, Frida, Ka Meildy, dan Olan ikut berkumpul di sana. Tak lama kemudian datang satu truk, kami pun naik dan menuju Fatuleu Barat. Karena itu adalah perjalanan pertama saya ke daerah Fatuleu, maka saya menganggapnya jauh padahal sebenarnya tidak juga.

Kami tiba di daerah tujuan ketika hari sudah malam. Dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil untuk tidur di rumah warga. Teman menginap saya Ka Echy, seorang kakak dari Perkumpulan Pikul. Pikul sendiri adalah sebuah organisasi non-profit, non-pemerintah yang diberi mandat untuk memperkuat kapasitas lokal di NTT.

Besoknya kami mulai bangun pagi untuk bersiap beraksi. Saya mendapat kesempatan di SMPN 4. Rekan saya untuk berbagi nanti adalah seorang guru dari SMP Abdi Kasih Bangsa, Mrs. Vero, demikian ia dipanggil. Bagian kami adalah dengan berbagi dengan guru-gurunya. Semula saya merasa agak keberatan karena pikir saya lebih suka bertemu dengan anak-anak, tapi yang ada malah guru. Sedih pada mulanya. Tapi kemudian ketika sudah terlibat dalam sharing dan saling berbagi satu sama lain, suasana itupun mencair dan saya pun mulai menikmati. Selesai dengan guru-guru, sisa waktu kami pun kami pakai untuk berkeliling ke kelas yang kosong.

Di kelas yang kosong itulah kami masuk. Bagian menyenangkan pun terjadi. Kami berinteraksi dalam bahasa Inggris dengan anak-anak di dua ruang kelas 7 walaupun Bahasa Inggris saya berlepotan dan terpatah-patah (sementara Mrs. Vero jelas bisa karena memang beliau adalah lulusan Pendidikan Bahasa Inggris…:D)

Seusai kelas inspirasi dan pulang ke markas, ternyata di sana telah dimulai semacam ada acara sambutan yang di sana ada juga bapak bupati. Beberapa sambutan disampaikan namun tak begitu saya ingat.

Hari sudah sore ketika acara tersebut sudah mau selesai. Agenda selanjutnya adalah beristirahat untuk nanti berwisata ke gunung batu Fatuleu yang lumayan trend pada hari Minggu. Namun sore di hari Sabtu itu saya dan teman-teman Lentera pamit pulang. Ada juga Mrs Vero turut bersama kami. Tak apa tak sempat ke gunung batu Fatuleu saat itu. Kebahagiaan kami adalah bisa berbagi dengan anak-anak dan guru-guru di Fatuleu Barat. Terima kasih, KITONG…:)

Iklan

One comment on “KITONG_ Kupang Bagarak_Geng Motor Imut_SM3T

  1. […] KITONG-Kunjungan Inspirasi Timor untuk Berbagi pada akhir Juli-awal Agustus di Fatuleu Barat, Kabupaten […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s