Hujan dan Malam

Hampir sepanjang hari ini Kupang diguyur hujan. Bahkan sejak kemarin, hanya memang tidak sederas dan tidak seawet hari ini hujannya. Saya suka ketika hari sedang hujan. Entah saya sedang sibuk di sekolah atau sedang liburan dan hanya berdiam di rumah.

Rasanya kalau hujan adalah seperti kau dibungkus oleh sebuah kekuatan yang tak terlihat. Membungkusmu sehingga rasanya kau punya banyak ide di kepala yang siap ditumpahkan.

Saya menikmati sekali atmosfere seperti ini. Dengan hujan, rasanya dunia sekeliling menjadi tenang teduh. Kau seolah-olah dilingkupi kebahagiaan tiada tara.

Demikian juga malam ketika larut. Dunia sekeliling menjadi tenang. Hanya terdengar suara alam malam. Saya sudah lama sekali punya niat mengumpulkan karya-karya yang bercerita tentang malam, entah itu berupa lagu, puisi, film, drama, cerita, lukisan, ataupun karya seni lainnya, namun untuk sementara ini baru seberapa yang sempat saya kumpulkan di Everything about Night. Postingan ini masih tetap berproses. Bahkan untuk cerpen, saya punya satu cerpen tentang malam. Ini link cerpennya. Setingannya saya ambil di area UPH. Atmosfer UPH memang melekat kuat dalam diri saya.

Btw, ini sudah tahun 2017. Tahun saya menyongsong hari pertama kali menjejakkan kaki di UPH, menikmati dan merasakan atmosfernya. Dan hujan hari ini membuat kenangan masa-masa di UPH semakin menderu-dera. 😀

Di luar masih sementara hujan.

Sebenarnya hujannya bahkan sudah sejak semalam. Kemarin sepulang dari sekolah, saya sempat mengurus beberapa hal kecil di luar yang memang perlu segera diselesaikan. Saya pulang ke tempat tinggal sementara saya ketika hari sudah malam. Seusai membereskan beberapa hal (beberapa berkas) yang saya serakkan karena urusan kecil tersebut, saya mandi dan bersiap beristirahat karena semalam sebelumnya saya tidur sangat larut. Saya memanaskan air untuk minum susu (saya mengakui bukannya karena memang hidup sehat-sehat amat, tetapi hanya karena ingin membayar semalam saya sudah tidur larut. Biasanya saya lebih suka minum kopi–agak sedih juga, ya). Ketika air sudah panas dan saya siap mengambil gelas, hand phone saya berdering. Satu pesan masuk dari satu nomor tak bernama. Katanya, “Anaci, mari makan malam. Mama ultah. Kau ditunggu.” Nomor memang itu tak bernama. Tapi dari kata-katanya, saya tahu itu dari siapa. Tentu itu suami kakak sepupu saya. Ia orang supel dan luwes. Saya dan saudara-saudara saya cukup dekat dengannya.

Sejenak saya memiringkan kepala. Tante saya memang berulangtahun pada bulan Februari. Tapi setahu saya tanggal 10. Soalnya sebelumnya tanggal 29 Januari hari Minggu kemarin juga kakak sepupu saya berulang tahun. Tak mungkin ultah mereka sedekat itu. Hari minggu kemarin juga saya di sana. Kami merayakan ulang tahun sepupu saya dengan sederhana.  Saya sadar, saya punya ingatan ulang tahun yang parah. Sudah berkali-kali orang berulangtahun dan saya selalu lupa kapan tepatnya.

Saya mengirim balik SMS, memastikan benar ultah tante saya adalah tanggal 1, bukan 10. Setelah dikonfirmasi balik, saya yang mulanya mengantuk dan siap tidur, segera mempersiapkan perlengkapan demi berangkat ke rumah tante saya. Di tengah jalan, gerimis turun perlahan. Karena itulah saya ingat, hujan sudah turun sejak semalam. Hingga sore ini, Kamis, 2 Februari 2017.

Sepulang sekolah tadi, sempat saya lihat di jalan depan sekolah, aliran air tumpah ruah dan meluap-luap kelaur dari selokan. Selokan sempir di pinggir itu memang tak mampu menampung aliran air yang tumpah ruah. Jalanan aspal pun dibanjiri air yang mengalir dari arah tanjakan. Anak-anak kecil berlarian bermain air. Mereka berkejar-kejaran sambil tertawa-tawa bahagia. Saya nyaris dibuat basah karena ulah mereka. Saya menghentikan motor sebentar. Bercanda dengan mereka sebentar. Mereka anak-anak yang manis. Tampak menikmati sekali aliran air yang membanjir di jalanan. Saya ikut bahagia melihat tingkah mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s