10 (+) Film tentang Menulis

10 Films about Writers

 I just found this post and makes me absolutely delighted. Read more about 10 Films about Writers

Sejak menonton ‘Freedom Writers’ sewaktu kuliah di UPH dulu, saya semakin yakin dan optimis bahwa dengan menulis dapat menyembuhkan hati yang terluka. Menulis adalah juga sebuah sarana yang baik untuk terapi. 😉 🙂

Dengan menulis, seseorang dapat menuangkan perasaan dan pikirannya tanpa merasa tertekan atau terbeban. Dengan menulis, seseorang dapat merekam sebuah momen yang di kemudian hari akan dikenang dan tentunya disyukuri. Menulis pun dapat melepaskan beban yang sebelumnya dirasa terlalu berat. Dengan menulis pula, seseorang bisa terbawa untuk berkomunikasi dengan diri sendiri dan Tuhan. Tentunya ini baik bagi hati, pikiran, dan jiwa kita. Intinya, menulis itu ada banyak manfaatnya.

Maka itulah kenapa sewaktu mulai menjadi guru, saya suka menganjurkan anak-anak untuk menulis. Menulis di buku atau jurnal pribadi. Tak  harus bagus tulisan Anda untuk dipublikasi sehingga dilihat orang sedunia. Minimal menulislah untuk diri sendiri.

Di sekolah, di kelas 7 SMP sesuai KTSP 2016, ada materi tentang menuilis buku harian. Setiap mau membahas topik itu, kami akan menonton film Freedom Writers. Hanya itu satu-satu-satunya film tentang menulis yang saya tahu dan pernah saya tonton ( 😦 )

Beberapa bulan lalu, kalau tak salah akhir Juli 2016, saya mengunjungi keponakan saya (yang baru menghirup aroma bumi beberapa hari sebelumnya) di rumah tente. Menjelang larut malam, hampir semua orang di rumah itu beranjak masuk ke kamar masing masing. Hanya saya yang bertahan di ruang tengah. Saya iseng membuka televisi sekadar melihat-lihat. Tombol-tombol remote dipencet. Menengok, membaca informasi, tidak berkenan, maka dilewatkan. Demikian seterusnya. Sampai suatu saat, di salah satu chanel, HBO Family, sekilas saya melihat ada potongan gambar dan percakapan yang mirip-mirip dengan Freedom Writers, ada anak-anak remaja sedang bermain basket sambil melirik-lirik ke arah sebuah apartemen. Penasaaran, saya memperhatikan lagi dengan saksama. Hati saya melonjak gembira ketika mengetahui bahwa ternyata itu adalah film tentang menulis. Finding Forrester. Senang sekali rasanya, apalagi waktu itu hanya saya sendiri yang menonton. Bisa menikmati dengan santai dan bebas tanpa merasa terganggu–biasanya banyak kepala banyak kenginan. 😀

Sebagai respons seusai menonton Finding Forrester, saya pun merasa perlu mengabadikannya..:). Maka itu saya pun menulis sedikit pesan yang didapat dengan judul Menonton Finding Forrester.

Setelahnya, saya pun berniat mencari-cari kira-kira apa lagi film yang bercerita tentang menulis atau penulis. Bisa jadi referensi untuk menonton di kelas selain Freedom Writers dan Finding Forrester ini. Saya sempat searching untuk melihat ada film apa lagi tentang menulis atau penulis. Anehnya (saya pun tak tahu kenapa), itu semacam, “Sudah cari tahu?” // “Sudah.” // “Setelah itu?” // “Ya, sudah tahu.” (Saya tidak begitu ‘ngeh’) dengan apa yang sudah saya cari tahu. Waktu itu, saya hanya sekadar tahu, lalu sudah. Selesai. Tak ada apa-apa lagi.

Baru saja, Selasa, 7 Februari 2016, pukul 20.49 Wita, saya sementara mencari bahan lain ketika tiba-tiba saya bertemu postingan ini. Senang sekali akhirnya bisa dapat list film-film apa saja yang berkaitan dengan menulis. Terima kasih, Nicole Bianchi, atas postingannya. Sangat bermanfaat.

Btw, I like your name. It’s reminds me of someone. Thank you (once again) and God bless you.

***

Maka dari postingan ini, di sini sekalian saya simpan link-link yang membahas hal serupa. Bisa sebagai referensi kalau ada  yang mencari. Berikut link-link yang dimaksud:

Mike Le: @http://www.geekweek.com/2010/02/20-greatest-movies-about-writers.html

Andrew Dilks @http://www.geekweek.com/2010/02/20-greatest-movies-about-writers.html

Bill Gibron @http://www.popmatters.com/post/157498-the-10-greatest-movies-about-writerswriting-of-all-time/

Elisabeth Donnelly @ http://www.popmatters.com/post/157498-the-10-greatest-movies-about-writerswriting-of-all-time/

Rose Moore @ http://screenrant.com/writers-best-movies-about-writing/?view=all

@ http://www.imdb.com/list/ls050636344/

@ https://nfrankdaniels.wordpress.com/2009/11/05/top-11-films-about-writing/

Tinggalkan Balasan

