Lobak oleh Anton Chekhov

(Terjemahan bahasa anak-anak)

Dahulu kala hiduplah seorang kakek dengan istrinya. Lama mereka hidup, dan kemudian lahirlah anak mereka yang diberi nama Serzy. Telinga Serzy itu panjang-panjang, dan kepalanya lobak. Serzy tumbuh menjadi besar sekali.

Pada suatu hari kakek menarik telinga Serzy, maksudnya supaya Serzy bergaul dengan orang banyak; tetapi tidak berhasil. Kakek pun memanggil nenek.

Nenek memegang kakek, dan kakek memegang lobak. Mereka tarik bersama-sama, tetapi tidak juga berhasil. Maka nenek pun memanggil bibi.

Bibi memegang nenek, nenek memegang kakek, dan kakek memegang lobak. Maka bibi pun memanggil bapak baptis, seorang jenderal.

Bapak baptis memegang bibi, bibi memegang nenek, nenek memegang kakek, dan kakek memegang lobak. Mereka tarik lobak bersama-sama, tetapi tak berhasil. Akhirnya kakek pun kehabisan kesabaran. Dikawinkannya anak perempuannya itu dengan seorang pedagang kaya. Dan dipanggilnya pedagang itu agar membawa lembaran-lembaran uang seratus rubel.20170307_202712 - Copy

Pedagang memegang bapak baptis, bapak baptis memegang bibi, bibi memegang nenek, nenek memegang kakek, dan kakek memegang lobak. Mereka tarik lobak bersama-sama. Berhasil mereka menarik lobak itu supaya bergaul dengan orang banyak.
Maka jadilah si Serzy itu anggota dewan negara.

Catatan:

  • Cerita berjudul Lobak adalah salah satu judul cerpen favorit saya di antara 24 cerita dalam buku Sekumpulan Cerpen Pengakuan Anton Chekhov–Cerpenis.
  • Cerpen favorit lain dalam buku yang sama adalah Bertopeng

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s