Ekspresi Siswa Saat Mengerjakan Soal Ujian Sekolah

20170405_105556-1Cermatilah gambar di samping! Fokuslah kepada sang siswi! ๐Ÿ™‚

Apakah kau pikir ia sedang memandang ke arahmu? Tidak. Arah wajahnya memang tertuju padamu. Tapi pikirannya sedang menjelajahi lorong-lorong waktu ketika ia mempelajari materi-materi yang ada dalam lembaran soal yang sedang ia pegang. Mungkin ia sedang membayangkan kapan dan bagaimana ia pertama kali mendengar atau mengetahui topik itu, bagaimana ketika sang guru memberi penjelasan lalu diikuti instruksi mengenai tugas atau proyek yang mesti mereka kerjakan, bagaimana ketika ia pulang dan mengerjakan tugas-tugas tersebut hingga ia tak sempat menonton acara televisi favoritnya. ๐Ÿ™‚

Demikian setiap kali mendapat tugas sebagai pengawas di ruang ujian, saya selalu senang mengamati wajah anak-anak yang sementara serius mengerjakan soal. Baik itu ujian saringan masuk (USM) Lentera, USM UPH di Kupang, try out siswa kelas 3 SMP, EBAS per akhir semester, ataupun ujian sekolah seperti yang sedang terjadi sekarang (btw, coretan kecil ini saya buat di buku catatan barulah dipindahkan ke laptop).

Tampakan-tampakan wajah mereka kalau sementara ujian pasti (tentu) berbeda dibanding hari-hari kegiatan belajar mengajar (KBM).

Kalau di KBM biasa, mereka tampak riang, memperhatikan lalu bertanya, mengajukan pertanyaan ini dan itu,ย  menentang atau berdebat dengan seseorang yang berbeda pendapat sampai-sampai mereka tak sadar harus memelototkan matanya, bahkan tak jarang juga sampai ada yang berteriak, atau apabila diberikan tugas atau proyek lalu berhasil menyelesaikan sehingga memuaskan dan mendatangkan kagum dari teman-temannya, mereka akan semangat sekali bertepuk tangan, berteriak hore, hingga berjingkrak kesenangan (perempuan) atau mengepalkan tangan ke atas sambil berjongkok tanda sukacita (laki-laki).

Sementara kalau duduk menghadap lembaran soal saat ujian apalagi ujian tersebut adalah ujian sekolah di mana ini bagian terpenting yang (katanya) menjadi penentu utama apakau kau lulus ataukah masih tetap harus mengulang di bangku SMP, ekspresi wajah setiap mereka memang tampak unik. Ada yang membaca soal lalu mengetuk-ngetuk meja dengan pensil lalu mencoret-coret di kertas buram yang disediakan, ada yang membaca lalu mengarahkan matanya ke tembok tembok baru kemudian mencoret-coret, ada yang membaca lalu menatap ke langit-langit ruangan, ada yang sebentar melihat ke arah pengawas yang duduk di depan lalu menggerakkan bola matanya ke kiri dan ke kanan berulang-ulang, ada yang mulutnya seperti mengunyah sesuatu entah apa yang sedang dikunyah, ada yang membaca lalu mencoret-corert di kertas buram lalu menyimpan alat tulisnya lantas menaruh kedua tangannya di depan lalu menghitung dengan menggunakan 10 jari tangannya baru kemudian mencoret-coret kembali, ada yang menguap lalu kemudian menggeleng kepalanya dengan kencang dan keras berusaha melawan kantuk yang menyerang, ada yang matanya berseri-seri tiba-tiba ketika mungkin baru saja mengingat atau mengerti sesuatu lalu cepat-cepat mengambil pensil untuk mencoret-coret di kertas buram, dan masih banyak tampakan mereka yang lain, berganti-ganti setiap beberapa menit.

Sungguh, laku mereka membuat saya rasa-rasanya ingin berada di posisi mereka. ๐Ÿ˜€ Berada di bangku ujian menghadap soal lalu mengerjakannya sebaik mungkin seteliti mungkin setiap nomornya, lalu keluar ruangan dengan hati puas dan lega telah menyelesaikannya. ๐Ÿ™‚

Demikian ‘laporan’ singkat mengenai ragam ekspresi siswa saat mengerjakan soal ujian sekolah dari salah satu ruang di SMP Lentera Harapan Kupang.

# Kpg, 03.04.2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s