Kegiatan Seni dan Budaya

LIFEs Hari Pertama

IMG20171019184621LIFEs adalah salah satu kegiatan yang diadakan Komunitas Salihara di Jakarta. LIFEs itu sendiri adalah singkatan dari Literature and Ideas FEStival.  Kegiatan ini berlangsung selama hampir sebulan penuh, dari tanggal 7 hingga 28 Oktober 2017. Di antara beberapa kegiatan itu terselip di antaranya sesi Forum Penulis Muda Indonesia yang berlangsung dari Kamis, 19 hingga Minggu 22 Oktober 2017. Nah, saya mendapat undangan untuk yang forum itu. Tidak tahu kenapa dan dari segi mana dilihat sehingga saya ikut diundang. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih saja kepada Komunitas Salihara dan Yayasan Lontar.

Dari Kupang saya dan Kak Dicky (Christian Dicky Senda) baru berangkat di Kamis pagi. Sementara ada beberapa kawan dari luar Jakarta ada yang sudah berangkat lebih dahulu sehari sebelumnya. Kami tiba siang hari di Salihara dan bertemu dengan 12 (-1) orang lainnya yang juga diundang untuk sesi yang sama, serta berkenalan dengan beberapa di antara panitia kegiatan ini. Mereka antara lain Rebbeca, Mbak Wikan dan Mbak Nina dari Lontar.

Tak berapa beristirahat lama, kami langsung mengikuti sesi yang sudah diagendakan untuk hari itu. Berikut beberapa cuplikan di Hari Pertama mengikuti kegiatan LIFEs.

Sesi Satu: Sebelum buku diterbitkan

Sesi tersebut menghadirkan Mbak Dewi Noviami sebagai moderator, Pak Anton Kurnia dari Penerbit Baca dan Mbak Mirna Yulistianty dari GPU sebagai narasumber.

Mbak Mirna mengisahkan serba-serbi penertbitan di Gramedia Pustaka Utam
Sekilas tentang Jurnal Ruang, salah satu teman main GPU

Break

Break ini hanya berlangsung kira-kira 20 menit. Ada penganan dan teh kopi disediakan di dekat pintu keluar black box theater. Jakarta sedang hujan saat itu sehingga hampir semua peserta diskusi hanya menikmati penganannya di sekitaran lorong itu.

Di sela-sela sesi break itu, ternyata ada yang didatangi untuk diwawancarai terkait #LakoatKujawas dari Mollo, TTS.

Sesi Dua: Setelah buku diterbitkan

Sesi dua masih tetap dengan moderator Mbak Dewi, menghadirkan narasumber Pak Aldo Zirsov dari Goodreads Indonesia dan Mr John McGlyn dari The Lontar  Foundation.

Sesi Malam: Perayaan HUT ke-30 Yayasan Lontar dan Pembacaan Karya

Goenawan Mohamad (sungguh malang kalau kau tak kenal siapa beliau… 😉😄)
John McGlynn dari Yayasan Lontar

Mari tersenyum lebar😜😍😆. Dalam rangka merayakan HUT ke-30 Yayasan Lontar, mereka membagikan hadiah buku. Tak disangka saya kecipratan dapat buku Antologi Cerpen😍😎😙.

Hari pertama ditutup dengan menikmati makan malam bersama di Kedai Salihara. Selain kami anggota forum penulis muda di situ, ada dua kawan baru dari sekitaran Jakarta yang katanya tiba-tiba ‘tersesat’ saja di Salihara malam itu😄.

Iklan

Satu tanggapan untuk “LIFEs Hari Pertama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s