Cuap-cuap

Kapsul 25: Payah di Jalan

Saya kurang tahu, apakah ada anak-anak di kelas yang menyadari saya mengantuk atau kelelahan sekali hari ini? Memang saat bangun pagi tadi, mata saya terasa berat dan badan juga serasa remuk. Padahal semalam saya tidur cukup. Jadi, pasti gara-gara perjalanan pulkam kemarin.  

Hari Sabtu sore saya dan adik saya pulang kampung, di daerah selatan Amarasi. Kami tiba malam hari. Saking banyak hal yang dipercakapkan, kami baru tidur kira-kira pukul 12 pm. Besoknya sepulang gereja, saya dan adik saya sibuk ‘fukur2’ hingga kami baru makan pukul 2 sore. Karena hasil fukur kami lumayan berhasil, maka saya pun makan banyak sekali lantas kekenyangan dan nyaris tak bisa bergerak. Selesai itu saya mengerjakan beberapa hal, tak sempat beristirahat, dan langsung bersiap pulang. 

Sebenarnya perjalanan ini biasa saja kalau tidak hujan. Tapi karena kali ini karena perjalanan dilakukan tepat saat musim hujan, maka tidak heran di titik-titik tertentu saya harus bergumul keras dengan setir karena jalanan yang lubang dan becek, apalagi sewaktu saya lewat hari sudah mulai gelap. 

Selain becek dan berlubang, jalan itu juga sangat sempit. Sangat sempit sehingga kalau berpapasan dengan mobil, saya terkadang menghentikan laju motor dan membiarkan mobil itu lewat terlebih dahulu sebelum saya melanjutkan perjalanan. Rasanya mengerikan sekali dua-duanya berpasan dan saling melaju dengan cepat. 

Saya berharap (semoga tidak hanya tinggal harap), jalan itu segera diperbaiki. Diperlebar bagian kiri dan kanannya, ditutupi lubang-lubangnya dan dibuat rata, biar akses orang-orang kampung ke kota menjual hasil bumi dan orang-orang kota melihat-lihat sajian-sajian alam di Amarasi dan sekitarnya tak kepayahan gara-gara jalan berlubang, becek, dan sempit. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s