Belajar Penulisan Kreatif

Tujuan Cerita Pendek (The Goal of Short Story)

Setiap orang yang pernah menggeluti dunia tulis-menulis tentu pernah mengalami yang namanya writer’s block. Para penulis besar saja pernah mengalaminya apalagi saya. Sore tadi, ketika sedang punya waktu luang dan berencana mau melanjutkan draft yang masih terbengkalai, yang terjadi malah hanya berputar-putar di tempat. Mengingat kata dosen fisika saya dulu, kalau orang yang memang sudah berupaya tapi tidak nampak hasil itu namanya cuma ‘gaya’, bukan ‘usaha’:D, dan saya tak mau seperti yang dibilang dosen tersebut, ‘cuman gaya doang’ 😉 :p :D.

Maka saya putuskan membaca-baca sedikit, apa sebenarnya tujuan cerita pendek itu. Bukannya tak tahu, tapi berdasarkan pengalaman, membaca ulang hal-hal seperti itu terkadang bisa memantik kembali satu titik kecil api yang sudah mau padam, serta memanggil kembali memori-memori atau gagagasan-gagasan lain apapun itu yang beterbangan di sekitar kepala.

Nah, di antara pencarian tentang tujuan sebuah cerita pendek itu, saya menemukan beberapa artikel menarik. Berikut ini link artikel tersebut yang sengaja saya simpan agar lebih mudah diakses bila sekali-sekali dibutuhkan lagi.

Kenapa kamu perlu menulis cerita pendek dari writersedit

Misi tokoh mengarahkan plot dari writersstore

Membiarkan plot menjalankan ceritamu dari writersdigest

Tujuan Fiksi dari litro

Mengapa misi karakter tokoh kamu membutuhkan satu dari lima hal berikut dari helpingwritersbecomeauthors, link ini bagusnya lengkap dengan versi audionya 🙂
Thanks to all of you… :3 🙂

Tinggalkan komentar